Rabu, 09 September 2009

Motivator Peternak Itik yang Handal


Adalah seorang peternak yang bernama Bambang Haryo Wicaksono, lahir di Yogyakarta 28 September 1957. Menyelesaikan kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada (UGM) tahun 1982 dan pada tahun 1997 menyelesaikan S2 di Universitas Atmajaya Jakarta. Sejak tahun 1983 beliau bekerja di sebuah perusahaan otomotif di Jakarta dan Bekasi.

Kehidupan yang direncanakannya usia pensiun minus 10 bercita-cita harus berani hidup mandiri dengan berwiraswasta dan tidak lagi bekerja pada orang lain. Sejak saat ini dengan perhitungan yang cermat dan dukungan dari keluarganya, pada Maret 2003 mengundurkan diri dari perusahaan otomotif tersebut. Cita-cita yang telah lama diimpikan adalah ingin hidup mandiri di tengah masyarakat pedesaan sebagai petani atau peternak.
Keinginan tersebut mendorongnya untuk mencari informasi melalui berbagai sumber baik internet, buku pertanian-peternakan, majalah dan literatur yang dijadikan sebagai bahan referensi untuk mewujudkan keinginannya serta mempertajam pengetahuan yang sedikit banyak telah dipahaminya.
Penelusuran cukup panjang dilakukan Bambang untuk nekad pergi ke Desa Pesurungan Lor, Kec. Margadana, Kota Tegal untuk belajar kepada salah seorang tokoh masyarakat yang melakukan budidaya bebek dengan cara dikandangkan secara permanen tanpa mandi di sungai.
Hal-hal yang dipelajarinya berkaitan dengan faktor-faktor teknis antara lain bagaimana cara meramu pakan, menggiling ikan, memilih bahan pakan yang baik, mengatasi bebek stress, membedakan meri jantan dan betina, memilih bebek betina yang masih bertelur dengan yang tidak bertelur, mengenal perilaku bebek dan kemudian bagaimana harus bergaul dengan komunitas masyarakat desa pada umumnya dan peternak bebek pada khususnya hingga September 2004.
Sejak saat itu diputuskan untuk beternak bebek secara intensif komersial dengan menyewa lahan di bantaran Kali Kemiri masih di sekitar Kota Tegal. Semangatnya untuk memperbaiki kehidupan peternak dengan memperkuat kelembagaan, maka dibentuklah Kelompok Tani Ternak Itik (KTTI) Kemiri Barat pada Januari 2005.
(Untuk informasi lebih lengkapnya silahkan berlangganan Tabloid SINAR TANI. SMS ke : 0878 8160 5773)
Sumber :
9 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar